Jumat, 02 Desember 2011

Menyayangi Anak Kecil

19.32 by nevis · 0 komentar

Di manapun bertemu anak kecil, Rosulullah akan membelai, mengusap dan menciumnya.
Sedianya shalatku akan kupanjangkan namun apabila ku dengar tangisan bayi, terpaksa kusingkat karena mengetahiu betapa gelisah hati ibunya
Begitu sabda beliau Rasulullah SAW sebagaimana diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Anas dalam sebuah hadits. Begitulah Rasulullah, di manapun bertemu anak kecil, dengan penuh kasih sayang Beliau akan membelai, mengusap dan menciumnya. Seperti cerita Aisyah, "Rasulullah menciumi Hasan dan Husain di hadapan Al-Aqra bin Haris yang heran, lalu berkata, 'Ya Rasulullah, saya mempunyai 10 orang anak, tak seorang pun pernah aku cium seperti engkau ini.' maka, Rasulullah memandangnya dengan tajam seraya berkata,"Siapa yang tidak memiliki rasa rahmat dalam hatinya tidak akan dirahmati Allah."

Bukhari, Muslim, dan Tirmizi meriwayatkan bahwa sahabat Al-Baraa' bin Azib berkata, "Aku melihat Rasulullah meletakkan cucunya Hasan di atas bahunya, dan berkata,' Ya Allah, aku benar-benar mencintainya maka cintilah dia."

Tak hanya cucu Beliau, Rasulullah juga selalu berusaha menggembirakan hati anak-anak lain. dalam buku Rasulullah manusia tampa cela disebutkan, bila dalam sebuah majelis datang seseorang membawa bingkisan berupa buah-buahan misalnya, maka yang pertama kali diberinya adalah anak-anak kecil yang kebetulan ada di tempat itu.

Rasulullah juga suka mengusap pipi anak-anak. Hal ini dikatakan oleh Jabir bin Samurah ra yang menceritakan tentang masa kecilnya. Ia berkata,"Aku pernah shalat bersama Rasulullah SAW. setelah selesai Shalat Beliau keluar ketempat keluarganya, aku pun keluar bersama Beliau. Beliau tampak menciumi anak-anak dan mengusap kedua pipi mereka satu persatu."

Kemudian, Jabir melanjutkan ceritanya."Ketika Beliau mengusap kedua pipiku, aku merasakan tangan beliau itu dingin dan berbau harum seakan-akan keharuman tersebut keluar dari tas penjual minyak wangi." (Shahih Muslim, Hal VII/81)

Mendoakan
Rasulullah juga sering mendaoakan anak-anak agar nanti menjadi manusia yang berguna bagi agama dan bangsanya. Aisyah ra berkata,"Ketika mendatangi anak-anak, Rasulullah jongkok dihadapan mereka lalu memberikan pengertian dan mendoakan mereka."

Hal serupa juga dikatakan Usamah bin Zaid,"(sewaktu aku masih kecil) Rasulullah pernah mengambil aku untuk didudukan di paha Beliau, sedangkan Husain (cucunya) didudukan di paha yang lain. Kemudian kami berdua didekapnya, seraya berdoa: 'Ya Allah, kasihanilah keduanya ini karena aku telah mengasihi keduanya.'.

Begitulah ahlak rasulullah terhadap anak-anak. sudah selayaknya kita selaku ummatnya mencontoh Beliau, mulai sekarang Cintailah anak-anak dan doakan lah mereka untuk menjadi orang yang berguna bagi agama dan bangsanya kelak.

komentar

0 Responses to "Menyayangi Anak Kecil"

Posting Komentar